jam

Rabu, 06 November 2013

Sinopsis Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2


KETIKA CINTA BERTASBIH 1 DAN 2

Sutradara      Chaerul Umam
Produser       1. Mitzy Christina
                    2. Cindy Christina
Penulis Cerita:
                       Habiburrahman El Shirazy
Skenario:
                      Imam Tantowi

Pemain kcb 1

Pemain kcb 2

Pemain Peran
Kholidi Asadil Alam Abdullah KhoirulAzzam
 Oki Setiana Dewi           AnnaAlthafunnisa
 Alice Norin             Eliana Pramesty Alam
Andi Arsyil Rahman       Furqon Andi Hasan
Meyda Sefira                        Ayatul Husna
Rahmi Nurullina                     Lia Humaira
Deddy Mizwar               KH. Luthfi Hakim
Niniek L. Karim                   bu Malikatun
 Didi Petet                                  Pak Ali
Habiburrahman El Shirazy   Ustadz Mujab
Aspar Paturusi     Pak Hasan (ayah Furqon)
Din Syamsudin                        Cameo
Slamet Rahardjo   Pak Alam (Dubes RI untuk   Mesir)
 El Manik   Pak Junaedi (Dubes RI untuk Turki)
 Cut Yanti             Ibu Maylaf (Ny. Hasan)


Pemain Peran
Kholidi Asadil Alam            Khoirul Azzam
Oki Setiana Dewi          Anna Althafunnisa
 Andi Arsyil Rahman      Furqon Andi Hasan
Alice Norin            Elliana Pramesti Alam
Meyda Sefira                       Ayatul Husna
Deddy Mizwar               KH. Luthfi Hakim
Niniek L. Karim                    bu Malikatun
Dude Herlino       Ustadz Muhammad Ilyas
Asmirandah                               dr. Vivi
Aspar Paturusi    Ayah Furqon (pak Hasan
Neno Warisman                      Bu Fadilah
Nungki Kusumastuti                       Bu Edi
Meidiana Hutomo                       Bu Nyai


Sinopsis: Ketika Cinta Bertasbih 1
Film yang menceritakan kehidupan tokoh utamanya Khairul Azzam, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Al-Azhar University, Kairo. Cerita yang bisa menjadi inspirasi bagi kita, ketika melihat bagaimana kerja keras sang tokoh yang menuntut ilmu sekaligus berjuang menghidupi ibu dan adik-adiknya di kampung. Cerita yang juga bisa menuntun kita, ketika melihat usaha dan perjuangan Khairul Azzam dalam menemukan jodohnya dengan tetap selalu teguh berpedoman kepada ajaran agama.
Azzam adalah seorang pemuda sederhana yang memilih untuk menuntut ilmunya di Kampus Universitas Al Azhar, Kairo. Azzam dikenal sebagai sosok yang tegas dan dewasa. Dia sangat memegang teguh prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Di kalangan teman-temannya pun Azzam menjadi panutan dan sosok yang bisa diandalkan.
Setelah bapaknya meninggal, sebagai anak tertua dalam keluarganya, dialah yang menanggung kehidupan keluarganya di Solo. Oleh karena itu, selain sebagai mahasiswa, dia juga bekerja keras sebagai pembuat tempe dan bakso untuk menghidupi ibu dan adik-adik perempuannya di Indonesia serta kehidupannya sendiri di Cairo. Bahkan Azzam, rela meninggalkankuliahnya untuk sementara dan lebih berfokus untuk mencari rezeki. Meski terkadang ada rasa iri melihat teman-teman satu angkatannya yang sudah terlebih dahulu lulus, bahkan ada yang hampir menyelesaikan S2-nya tapi Azzam segera sadar kalau dia tidak sama dengan teman-temannya yang lain. Azzam lebih dikenal sebagai tukang tempe di kalangan mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Al Azhar.
Azzam juga sering mendapatkan undangan dari duta besar Indonesia yang ada di Mesir untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pada acara-acara kebesaran. Jadi, selain terkenal di kalangan mahasiswa sebagai tukang tempe, Azzam juga terkenal di kalangan para duta besar.
Saat bekerja itulah Azzam mengenal sosok Eliana. Eliana adalah sosok yang sempurna secara fisik. Putri duta besar, cantik, dan salah seorang lulusan Universitas di Jerman. Akan tetapi, prinsip-prinsi keislaman yang Azzam pegang teguh membuat Azzam mampu menepis perasaannya.
Saat bekerja juga Azzam secara tidak sengaja bertemu dengan Anna Althafunnisa. Dialah perempuan yang memikat hatinya dan hendak ia lamar. Namun, status sosialnya membuat Azzam ditolak. Yang lebih mencengangkan Azzam adalah Anna justru menerima lamaran dair Furqan, sahabat Azzam sendiri yang memiliki status sosial lebih tinggi daripada Azzam.
Pernikahan Anna dan Furqan berlangsung dan mereka hidup dengan baik. Begitu juga pada Azzam, setelah Anna menikah, ibunya menyuruh agar Ia segera mencari pasangan hidup, dan Azzam pun mencari pendampingnya. Banyak wanita yang sudah dilamarnya, tapi selalu ada saja yang tidak cocok untuk dirinya, hingga suatu saat lamaran diterima seorang wanita dan hampir terjadi akad, harus terputus karena suatu kecelakaan yang menyebabkan Ibunya meninggal dan Ia lumpuh untuk beberpa waktu yang cukup lama.
Selama 6 bulan Anna dan Furqan dalam kehidupannya yang baik saja, dan saat itu juga hubungan mereka retak, Furqan menceritakan pada Anna bahwasanya dia sudah tidak perjaka lagi sebelum menikah dengan Anna dan dipastika terkena HIV dan karena itu juga Ia tidak pernah menyentuh Anna, sehingga akhirnya Ia terpaksa memberi kebebasan untuk Anna (cerai).
Kembalilah Anna pada orang tuanya,. Azzam yang lumpuh setelah kecelakaan itu telah sembuh seperti semula, Ia mendatangi kiai Lutfi mohon bantuan mencarikan jodoh yang tepat sesuai permintaan Ibunya dulu. Kiai Lutfi lalu menceritakan seorang wanita yang dicerai suaminya karena suatu hal dan wanita itu masih perawan, yang diharapkan kiai Lutfi sendiri agar dapat diterima Azzam. Tanpa disadari Azzam Ia menerima tawaran Kiai Lutfi, agar menerima wanita itu menjadi istrinya, Azzam sangat senang begitu tahu kalau wanita yang diceritakan itu adalah orang yang pernah dicintainya yaitu Anna Althafunnisa, begitu juga sebaliknya Anna sangat senang karena Ia juga menjadi istri dari orang yang dulu sangat diharapkannya, atau cinta pertamanya.
Setelah sebulan pernikahan Anna dengan Azzam, tiba-tiba Furqan kembali menghubungi Anna dan membawa rujukan, dan Ia menceritakan bahwa Ia tidak terkena HIV. Tapi semua sudah terjadi Anna dan Azzam sudah bahagia, dan mereka mendoakan agar Furqan menemukan pasangan hidup yang cocok untuk nya.
Sinopsis: Ketika Cinta Bertasbih 2

 

Lulus S-1 dari sebuah perguruan tinggi yang memiliki pengaruh wibawa “kealiman”, tidak menyebabkan Azzam mendapat kemudahan dalam segala urusan. Dia bahkan gamang untuk mendapatkan pekerjaan yang pas. Belum lagi cibiran tetangga yang mengira bahwa lulusan Al-Azhar University otomatis menjadi kiyai, atau ulama besar. Itu kenapa sang ibu menjadi gelisah, bahkan menyuruh adik Azzam, Husna untuk mencarikan pekerjaan, apa saja yang penting asal kesannya bekerja, keluar dari rumah.
Dengan latar belakang pengalaman berwirausaha selama di Mesir, Azzam pun tidak patah semangat untuk membangun usahanya sendiri. Tetapi bagaimana dengan menikah, hal yang selalu disinggung oleh ibunya. Wanita yang ia dambakan, Anna Althafunnisa telah dipinang sahabatnya sendiri. Sedangkan dengan Eliana yang jelas-jelas menaruh hati padanya belum bisa ia terima, karena ia masih mendambakan wanita muslimah. Azzam pun berusaha mencari tambatan hatinya, walaupun cukup banyak hambatan yang ia hadapi, apalagi ditambah ibunya yang meninggal dunia karena kecelakaan saat dibonceng naik motor yang kemudian membuatnya hampir putus asa. Namun Allah berkehendak lain pada suatu ketika dimana pernikahan Anna Althafunnisa akhirnya cerai dan Azzam ditawari ayahnya Anna Althafunnisa untuk menjadi suaminya. Sebaik dan sehebat apapun usaha manusia tentu semua kembali kepada takdir Tuhan kalau memang Tuhan mengijinkan semua bisa terjadi. Kalau kita selalu berlaku ikhlas segalanya karena Allah dan mengharap ridha-NYA pasti Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita juga pasangan kita karena Allah maha tahu akan segala sesuatu diluar batas kemampuan manusia.
Kelebihan
Kekurangan
1.    Film Baik dilihat Oleh semua kalangan.
2.    Memberikan pelajaran anak patuh,tanggung jawab,berbakti kepada kedua Orang tuanya, serta keluarganya
3.    Proses perkenalan, hingga menjelang pernikahan.
4.    Adat agama yang kuat
5.    Menghormati,berpegang teguh pada pendirian.
6.    Berkerja keras, menghormati, jujur ta’at agama.
7.    Music yang sesuai dengan film.
1.    Waktu yang sangat kurang.
2.    Ingin lebih lanjut cerita di novel untuk di tayangkan di bioskop semuanya.
3.    NIHIL

Penilaian terhadap film.
Menurut saya film yang paling sempurna karena baik banget di contoh oleh muda-mudi saat ini. Seperti taat kepada Orang Tua , Keluarga, dan pribadi. Menghormati yang lebih tua menghargai yang muda, merangkul bergaul dengan bijak, menjaga kehormatan, menjaga aurat. Serta hingga kehidupan masa depan pun dikemas dengan baik agar menjadi pelajaran yang bermanfaat bagi penonton, dan pembacanya.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Ketika_Cinta_Bertasbih

2 komentar: